Selasa, 10 April 2012

Teknik Dalam Pemetikan Gitar


Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai teknik dalam memetik gitar, alangkah baiknya kita mengenal yang namanya istilah atau pengertian dalam dunia memetik gitar, Secara umum pemetikan gitar ada 2 kategori yaitu :
  1. Pemetikan gitar Acoustik
  2. Pemetikan gitar Elektrik
Pada gitar akustik dikenal cara memetik dengan teknik apoyando dan tirando misalnya. Tapi pada bahasan ini, saya lebih ke gitar elektrik dulu.
Ada 2 istilah yang sering dipakai untuk menjelaskan teknik memetik gitar disini: yaitu picking dan strumming. Saya cenderung mengartikan picking sebagai: memetik satu senar, dan strumming: memetik beberapa senar gitar sekaligus. Pada gitar elektrik kebanyakan pemain gitar menggunakan alat bantu pick untuk memetik gitar.
Dalam konteks teknik picking gitar elektrik ada beberapa teknik picking yang sering dibicarakan, yaitu: downstroke, upstroke, alternate picking, sweep picking, tremolo picking.

Video Picking & Senam Jari

  1. downstroke(notasi tablature: v): cara memetik dari atas ke bawah
  2. upstroke(notasi tablature: ^): cara memetik dari bawah ke atas
  3. alternate picking: gabungan dari downstroke, upstroke atau upstroke,downstroke. Lebih lanjut, baca di http://budisapt.blogspot.com/2009/01/alternate-picking-untuk-mengembangkan.html 
  4. sweep picking: gerakan "sapuan" menggunakan pick untuk menghasilkan suara yang cepat dan mengalir, dari atas ke bawah atau sebaliknya, biasa dipakai untuk memainkan arpeggio
  5. tremolo picking: satu not dimainkan cepat dan berulang-ulang
Teknik-teknik diatas tersebut sering digunakan dalam picking gitar elektrik,

Sementar ini dulu ya... teman-teman selanjutnya nanti...ada lagi postingan terbaru dari saya...tunggu saja ya...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar