Sabtu, 28 April 2012

Teknik - Teknik Dalam Bermain Bass


Pada postingan ini, kita kembali lagi membahas mengenai hal yang berkaitan dengan Bass, yang mana dalam hal ini yang kiranya akan sayang bahas yaitu mengenai Teknik - Teknik dalam bermain Bass.

To do point aja ya...!

Pada dasarnya Bass merupakan salah satu alat musik yang menentukan tempo dalam bermain musik, yang mana fungsi dari Bass itu sendiri salah satunya yaitu menjaga agar Vocal dan Gitar tetap konstan pada tempo yang telah ditentukan, dan peran Bass pada sebuah lagu yaitu penentu dan pemandu chord (kunci) yang sedang dimainkan dalam setiap pergerakan jalannya lagu.

Tentunya itu sekedar penggambar Fungsi, Peran & Pemahaman mengenai gambaran Bass, akan tetapi selain itu dalam permainan Bass yang juga harus kita pelajari yaitu mengenai teknik dalam pementikan Bass, yang mana hal tersebut juga yang erat kaitannya dengan Tempo baik dari cepat lambatnya ataupun dari pengaturan petikan bunyi nada yang akan dihasilkan seperti apa, justru hal ini sangat berpengaruh terhadap keharmonisan sebuah musik atau lagu yang dimainkan.
Berikut ada beberapa macam teknik dalam bermain bass yaitu :
  1. Alternate Picking
    Teknik ini yang paling sering digunakan oleh para bassist, karena alternate picking sebenarnya adalah teknik dasar dalam bermain bass. Caranya: memetik bass dengan menggunakan dua jari secara bergantian, umumnya sih pake jari telunjuk dan jari tengah.
  2.  Up Down Thumb
    Dalam teknik ini kita gunakan jempol kita sebagai pick, sedang keempat jari2 yang lain kita pake buat memetik, mirip kayak bermain gitar lah… Jadi kalo biasanya kita menggunakan telunjuk dan jari tengah buat metik bass (alternate picking) maka dalam teknik ini kita ganti dengan jempol.
  3. Slapping
    Teknik menampar pada bass. Jadi memainkan bass dengan cara memukul bass dengan jempol atau telapak tangan, dan bunyi yang dihasilkan jadi kayak perkusi gitu.  Si om Flea bassistnya Red Hot Chilli Peppers yang biasanya suka pake teknik ini.
  4. Popping
    Teknik menarik senar dengan jari lalu dilepas lagi hingga beradu dengan fret, jadi suaranya nyaring kayak dua benda yang diadu. Biasanya kita bisa gabungin teknik slapping dan popping, ntar kombinasi suaranya jadi unik. Ada juga teknik popping dengan menarik dua senar sekaligus yang disebut double pluck.
  5. Tapping
    Teknik ini biasa digunakan pada gitar, tapi ngebasspun bisa pake teknik ini. Caranya: tekan senar dengan ujung jari ke fret bass lalu geser sedikit jari kayak lagi mencolek.
  6. Neck Bending
    Kalo dalam gitar kita mengenal teknik bending yaitu mengangkat senar dengan ujung jari, tapi kali ini kita lakukuin itu pada bass. Caranya: pada saat kita memetik, tekan senar yang ada pada headstock (pada ujung bass yang biasanya tempat kita menyetem), ntar bunyi yang dihasilkan seperti mendengung. Pak Billy Sheehan bassistnya Mr. Big sering pake teknik ini.
    Dalam memainkan teknik2 diatas kita butuh orang yang mengerti buat memandunya agar bisa dilakukan dengan baik. Sering berlatih dan berguru pada ahlinya akan membantu menyempurnakan permainan kita. Karena jika salah dalam menerapkan tekniknya maka suara yang dihasilkan akan beda.
    Perhatikan juga posisi tangan, gunakan power pada pergelangan tangan, jangan pada lengan. Ingat, sering2lah melakukan senam jari buat pelemasan dan fingering agar gak terjadi cedera pada jari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar